Friday, April 4, 2008

Konfigurasi PHP fastcgi pada lighttpd



Lighttpd merupakan webserver yang lebih ringan dari pada apache dan lebih cepat, kenapa saya memilih lighttpd bukan karena masalah teknis tetapi karena komputer ane berspesifikasi rendah.. jadi nyari yang ringan buat server di localhost.

Ane install lighttpd di kompie ane dengan spesifikasi intel centrino 1.5, RAM 512 dengan OS GNU/Linux berdistro Mint 4.0. Instalasi dilakukan dengan melakukan APT-GET dari repositori UGM, paket yang diinstall adalah lighttpd, php, php-cgi.

Pada waktu selesai instalasi webserver berjalan lancar tetapi ketika mau menjalankan script php tiba2 muncul pesan error "403 FORBIDDEN", ane kira cmn file permissionnya tapi setelah permissionnya diubahpun permasalahan tak kunjung tersolusikan.

Hmmm... apa yang terjadi gerangan... Ooo.. ternyata setelah berpikir sejenak dan mencari solusi ke beberapa teman akhirnya mendapat secerca pencerahan bahwa lighttpd dan PHP-nya belum terkoneksi *maksudya???. Akhirnya dengan memasukkan beberapa kata kunci di textfield google search pada index paling atas terpampang dengan jelas Ligthttpd PHP fastcgi configuration, dan akhirnya setelah dipahami dan diuji cobakan dan... SUCCESS!! CONGRAT!!

Beberapa file yang perlu di edit adalah sebagai berikut:
1. Buka file /etc/lighttpd/lighttpd.conf dan tambahkan baris dibawah ini:

#pastikan modul telah diload
server.modules = (
"mod_fastcgi",
)

#tambahkan setting standar sebagai berikut
#arahkan bin-path ke /path/to/php-cgi, ex: /usr/bin/php-cgi
fastcgi.server = ( ".php" => ((
"bin-path" => "/path/to/php-cgi",
"socket" => "/tmp/php.socket"
)))


2. Jangan lupa untuk menambahkan baris dibawah ini pada konfigurasi php.ini

cgi.fix_pathinfo = 1


Sekian dan jangan lupa untuk melakukan restart pada lighttpd, semoga bermanfaat. *Cepet tenan...

1 comment: