Monday, June 22, 2009

Bergelut dengan Xorg.conf



Setelah kemaren diinstall openbsd saatnya laptop untuk diinstall debian lenny 5.0 kenapa debian yang ane pilih... karena management paketnya enak dan sudah familiar dengan ane. Tapi sebenernya sama aja distro apapun yang dipake tergantung kebiasaan ajah... kalo orang jawa bilang "tresno jalaran soko kulino". Proses installasi sih oke2 saja tidak ada masalah sampai proses instalasi selesai dengan desktop yang saya pilih adalah Xfce karena lebih ringan dan mudah digunakan.

Semua device terdeteksi dengan baik bahkan xorg-server nya nampak oke2 saja karena resolusinya bisa sampai maksimal... tetapi setelah benchmark pada graphic devicenya yaitu "Intel Corporation Mobile GM965/GL960 Integrated Graphics Controller (rev 0c)" ternyata agak patah2 saat compositornya dijalankan bahkan saat game counter strike (favourite anak2 kantor) ga mau jalan di cedega nya... why???? ternyata setelah tanya2 sama rekan kerja, ada yang harus ditambahkan pada opsi xorg.conf pada bagian graphic cardnya, info yang ane dapatkan dari temen ane adalah menambahkan opsi berikut :

Section "Device"
Identifier "Configured Video Device"
Option "AccelMethod" "XAA"
Option "XAANoOffscreenPixmaps" "true"
Option "DPMS"
EndSection


pada section device pada xorg.conf nya ditambahkan opsi diatas, setelah restart ane coba benchmark lagi dan wow... kompositor jalan dengan entengnya dan game counter strike bisa berjalan dengan lancar... setelah beberapa hari dipake ternyata terasa lagi kejanggalan pada saat menjalankan game counter strike yang kadang gamenya freeze saat dimainkan dan saat memutar video alias film terjadi pesan kesalahan "segmentation fault" ... how come...???

Ternyata setelah bertanya kepada mbah google dapet juga jawabannya... karena opsi yang dimasukkan pada xorg.conf yang sebelumnya adalah untuk versi intel graphic yang versi 8xx dan bukan untuk yang versi 9xx sedangkan punya ane adalah versi "Intel Corporation Mobile GM965/GL960 Integrated Graphics Controller (rev 0c)" maka yang seharusnya ditambahkan pada xorg.conf adalah:

Section "Device"
Identifier "Configured Video Device"
Option "AccelMethod" "exa"
Option "MigrationHeuristic" "greedy"
Option "ExaNoComposite" "false"
Option "DPMS"
EndSection


setelah diganti dengan opsi diatas maka ane restrart xorg-servernya dan wow.... alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik termasuk games counter strike hanya dengan share memory 8MB bisa berjalan dengan baik :D bahkan 3d enginenya juga berjalan dengan konfigurasi diatas... hihihihi... good job linus torvald ...

4 comments:

  1. Wua.... ebat...ebat... enak ya, yg udah punya penghasilan... bisa bayar sewa cedega yg bulanan itu... jadi kepengen....... =P~.... Ihik... ihik.. ga bsa bayar lisensi cedega, akhirnya harus berpuas pake wine (buat maen dota... beraaattt!!!!ihik ihik). Yo wis lah, di sukuri dulu yg ada.... yo to mas??? (ga tega bwt ngebajak cedega... masa da pake linux masi ngebajak juga... eh dotanya masi lom ori sih hehehehe)

    ReplyDelete
  2. lha kemaren gimana ji uda bisa belum cedeganya?

    ReplyDelete
  3. Wuh..wuh... ngurusin driver VGA cuma buat CS-an mulu :p. Tradisi coding jadi kalah :D ..

    btw, blogmu udah aku link di blogku, gantian donk Bos... :)

    ReplyDelete
  4. Pusing mas, cedeganya ga jalan..... padahal sama2 pake onboard intel 965 lho..... au ah elap....

    ReplyDelete