Friday, January 25, 2008

Embebbded System


Apa sih Embedded System ?.Embedded System adalah kombinasi dari hardware dan software, dan mungkin dapat ditambahkan bagian yang berupa mekanik, yang didesain untuk fungsi yang spesifik.
Contoh yang bagus adalah microwave oven. Hampir kebanyakan orang menggunakannya, tetapi hanya sedikit orang yang menyadari bahwa prosessor dan software terdapat didalamnya sebagai pengontrol.

Ini sangat berbeda dengan PC(Personal Computer) yang sering kita gunakan. PC tidak didesain untuk fungsi yang spesifik. Tetapi, PC mampu melakukan banyak hal. Dari segi produsen-pun tidak mengetahui PC yang diperjual belikan kepada konsumen digunakan untuk apa. Mungkin konsumen yang satu menggunakannya untuk network file server dan yang lainnya menggunakannya untuk bermain game.

Embedded System adalah komponen dengan system yang lebih besar. Sebagai contoh, mobil modern dan truk terdiri dari banyak embedded system. Satu embeded system mengontrol rem anti-lock, yang lainnya memonitor dan mengontrol emissi dari kendaraan, dan menampilkan informasi pada dashboard.

Penting untuk diketahui bahwa komputer untuk tujuan umum(PC) juga disusun dari embedded system. Sebagai contoh komputer yang saya gunakan terdiri dari keyboard, mouse, video card, modem, hard drive, floppy drive, dan sound card setiap bagian tersebut adalah embedded system. Setiap dari bagian perangkat tersebut terdiri dari prosessor dan software dan didesain untuk tujuan yang spesifik. Sebagai contoh, modem didesain untuk mengirim dan menerima data digital di atas line telepon analog.

Tak dapat dielakkan bahwa embedded system akan berkembang secara cepat dan merupakan sasaran pasar yang sangat potensial. Kita lihat saat ini sudah banyak embedded system yang sudah seperti menjadi kebutuhan pokok bagi manusia yaitu sarana komunikasi seperti handphone, PDA serta banyak lagi yang mungkin tanpa kita sadari penggunaanya seperti mp3 player, IPOD, traffic light... banyak deh pokoknya.

Waaah.. jadi tetarik nih balajar embedded system. Sepertinya juga sangat menjanjikan dan mungkin di negara kita (Indonesia) masih belum banyak pengembang2 embedded system. Ayo kita majukan teknologi bangsa ini tapi juga jangan lupa selalu meningkatkan kualitas sosial kita.

2 comments:

  1. Yuuk ikutan buat imaginecup:D topik embedded syst

    ReplyDelete
  2. @alle
    yuk.. boleh-boleh kemaren aku juga dapet undangannya...

    ReplyDelete