Friday, December 15, 2006

Review kuliax 6.0


klik di sini untuk melihat screenshoot yang lain

Kuliax 6.0 [bakpia] telah rilis selamat buat pengembang kuliax project dan temen2 KPLI Jogja yang telah berkorban untuk berkembangnya PLBOS di negeri ini terutama di Jogja.
Kuliax merupakan distro Live CD yang dapat di boot langsung dari CD dan dapat install ke hard disk kuliax sendiri merupakan remaster knoppix 5.01.

Persyaratan Sistem
-----------------------------
* Komputer kelas 486 ke atas (rekomendasi kelas 686 :-).
* Memori 32 MB untuk mode teks dan 96 MB untuk mode grafis (direkomendasikan 128 MB lebih baik baik lagi jika terdapat partisi swap).
* CD-ROM drive yang dapat di-boot.
* Kartu Grafis standar SVGA.
* Mouse standar baik serial, PS/2, atau USB, untuk mode grafis.

Saya telah mencoba sendiri kuliax 6.0, memang distro ini sengaja dikembangkan untuk perkuliahan terutama di bidang teknologi informasi tetapi dari pengembangnya sendiri ingin agar kuliax dapat di manfaatkan untuk mahasiswa,pelajar dan akademisi bahkan ingin dikembangkan untuk khalayak umum.
Aplikasinya cukup lengkap bahkan mungkin dapat dikatakan sangat lengkap, saat tulisan ini dibuat saya baru mencoba untuk programming yaitu QT designer yg merupakan standart KDE, Sun Java 5.0, LISP dan Prolog yang notabene sering digunakan untuk pembuatan simulasi AI (Artificial Intelegent) bahkan sampai freepascal pun ada yang biasanya dipakai untuk pengenalan bahasa pemrograman untuk pemula (maksudnya gue juga pemula gitu loh :D ).
Selain diatas saya juga mencoba untuk graphics dan multimedia tapi hanya sebatas untuk mencoba-coba.
Dengan motto BRINGING LINUX to CAMPUS, kita berharap linux dan applikasi2 yang free dan bebas untuk dikembangkan bisa menjamur di negeri ini. Salut untuk semua pengembang PLBOS semangat terus dan jangan pernah berhenti untuk memajukan negeri ini :).
Untuk melihat apakah itu kuliax, applikasi apa saja yang disediakan kemudian visi maupun misi-nya bisa dilihat di http://kuliax.duniasemu.org.
Untuk bug report dan masalah dalam pemakaian atau ingin memberikan masukan untuk rilis selanjutnya bisa di kirim ke maintainer@kuliax.duniasemu.org.

1 comment:

  1. aku mbok dikirim-i to dang...
    081338161318

    ReplyDelete